Mengenal Lebih Dekat Dunia Pengemudi Ambulans

pengemudi ambulans
Saya menyukai pekerjaan saya sebagai pengemudi ambulans, karena ini adalah profesi yang sangat menantang dan bermanfaat. Selalu menyenangkan untuk menjadi responden pertama dalam keadaan darurat medis dan dapat membantu menyelamatkan nyawa. 

Sebagai pengemudi ambulans, Saya menyukai tantangan mencoba menavigasi lalu lintas dan ketidakpastian tentang apa yang mungkin terbentang di depan sana selama keadaan darurat. 

Saya juga menghargai rasa persahabatan yang saya kembangkan bersama dengan rekan-rekan saya pengemudi ambulans dikomunitas Pilot DKI atau Pampi DKI. Kami bekerja sama dalam membentuk mental, karakter, dan budaya kerja bagi para calon sopir ambulans di wilayah DKI Jakarta.

Yang Saya maksud disini adalah, memberi edukasi kepada rekan-rekan yang baru mendapatkan kesempatan bergabung menjadi sopir ambulans. 

Sedangkan tujuannya tentu untuk menghindari sikap semena-mena dan mentang-mentang ketika sedang mengemudikan ambulans, karena mengemudi ambulans ada aturannya.

Selain itu, juga untuk membantu para petugas medis dalam memberikan perawatan terbaik bagi pasien yang sedang ditangani. Maksud Saya adalah para pengemudi ambulans harus selalu siap membantu petugas medis jika mereka membutuhkannya.

Meski para pengemudi ambulans adalah orang yang mengemudikan ambulans untuk mencari nafkah. Tetapi mereka harus mampu mengatasi tekanan pekerjaan, serta situasi tak terduga yang bisa saja muncul. 

Mengemudi ambulans adalah pekerjaan yang sangat menuntut. Dan bukan untuk menjadi lemah hati dan frustasi dalam menghadapi segala kerumitan yang terjadi di jalanan. 

Untuk menjadi pengemudi ambulans, Anda harus bisa menangani diri sendiri dalam keadaan darurat dan kuat. serta dapat berkomunikasi dengan baik.

Karena seringkali, pengemudi ambulans adalah penanggap pertama bagi pasien yang membutuhkan. Mereka harus mampu mengendalikan situasi, dan mampu menilai kondisi pasien serta merespons dengan tepat. 

Pengemudi ambulans harus bisa tetap tenang, dan tenang di bawah tekanan, serta harus bisa bekerja dengan cepat dan efisien. Ketika sedang bertugas, berikut adalah beberapa hal yang harus mampu dihadapi oleh setiap para pengemudi ambulans:

  • Kesiapan Ambulans

Pengemudi ambulans bertanggung jawab atas keselamatan dan kenyamanan pasien ketika berada dalam ambulans. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan bahwa ambulans berfungsi dengan baik, dan bahwa pasien diangkut ke tujuan yang tepat dengan cara yang aman dan tepat waktu.

  • Panggilan darurat

Pengemudi ambulans harus selalu standby dengan unit ambulans kondi siap, kemudian menunggu perintah apabila ada panggilan darurat dan melakukan rujukan pasien. 

Pengemudi ambulans harus dapat berkomunikasi satu sama lain dengan jelas dan efisien. Mereka juga harus mampu bereaksi dengan cepat dan menavigasi jalanan.

  • Situasi

Pengemudi ambulans harus dapat menganalisis situasi dan membantu para petugas medis memberikan perawatan terbaik kepada pasien. 

Pengemudi ambulans harus dapat dengan cepat menilai situasi dan membuat keputusan berdasarkan apa yang mereka ketahui.

  • Lalu lintas 

Pengemudi ambulans harus mampu menganalisa rute yang akan dilalui ketika melakukan rujukan ke rumah sakit atau klinik kesehatan lainnya.

Pengemudi ambulans harus mampu menganalisis kondisi lalu lintas agar dapat melakukan evakuasi pasien dengan cepat, pelayanan sebaik mungkin kepada pasien. 

Pengemudi ambulans harus mampu mengantisipasi masalah lalu lintas dan menyesuaikan rutenya. Selain itu, mereka perlu menyadari potensi keadaan darurat yang mungkin terjadi di jalan raya, dan mampu merespons dengan cepat.

  • Tekanan

Pengemudi ambulans harus bisa mengemudi dengan cepat agar pasien mendapatkan penanganan secepat mungkin. Ini sangat penting ketika pasien berada dalam situasi yang mengancam jiwa. 

Pengemudi ambulans harus bisa mengikuti kecepatan lalu lintas dan bisa mengambil keputusan cepat untuk sampai ke pasien. Hal ini ketika menuju lokasi bencana, kecelakaan lalu lintas, dan musibah lainnya. Terutama bagi pasien yang mengalami luka serius dan penurunan kesadaran.


Post a Comment for "Mengenal Lebih Dekat Dunia Pengemudi Ambulans"